Langsung ke konten utama

Nasi bakar ikan tongkol

Assalammualaikum..
Selamat pagi semuaaa..
Uda cepet banget yaaa.. 
sekarang uda hari Rabu lagi..

Hari dimana mulai sibuk-sibuknya yaaa..
hihihi
Fika juga mulai beraktifitas seperti biasa.
Ngapain aja??
Kalian mungkin beraktifitas diluar rumah.
Kalo Fika, aktifitasnya dirumah aja..
Mulai liat resep-resep untuk coba menu baru dirumah, mulai pergi ke pasar untuk beli bahan-bahan yang diperluin, sama mulai beberes rumah.
Kegiatan ibu rumah tangga banget yaaa.. 
hihihi

Kemaren Fika mulai coba menu baru untuk dirumah.
Karena Fika, Ibu sama adeknya Fika suka sama nasi bakar, makanya Fika mulai belajar untuk masak nasi bakar.
Yaa... maklum karena ini untuk pertama kalinya Fika, dibantu sama ibu dan adeknya Fika bikin nasi bakar.
Jadi, maklum kalo rasanya masi ada yang kurang.
Tapi, untuk kalian yang bisa dibilang pengen tau gimana rasanya nasi bakar, langsung intip resepnya yuuukk...



-------------------------------------------
NASI BAKAR IKAN TONGKOL
-------------------------------------------

Bahan :
1 piring nasi (2-3 centong nasi)
1 ikat sayur singkong, rebus lalu di potong
5 cabe rawit, dipotonng potong kecil
Daun pisang

Bahan ikan tongkol
1/2 ikan tongkol, di potong kotak besar
3 buah cabe besar
1 1/2 buah kemiri
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
kemangi, sesuai selera
Daun pisang
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Haluskan cabe besar, kemiri, garam, bawang merah dan bawang putih.
2. Setelah halus, masukkan potongan ikan tongkol ke bumbu yang telah di haluskan, jika suka campur juga dengan kemangi.
3. Masukkan ke dalam daun pisang, dan bungkus kemudian di kukus.
4. Setelah ikan tongkol matang, baru masukkan nasi ke dalam daun pisang.
5. Masukkan pula ikan tongkol ke dalam daun pisang, campurkan dengan nasi.
6. Campur juga cabe rawit dan juga daun singkong ke dalam nasi.
7. Setelah tercampur merata, langsung bungkus dan bakar.

NB : untuk rasa dari nasi bakar ini, lebi cocok kalo menggunakan nasi uduk. Karena ini pertama kalinya Fika memasak nasi bakar, jadi masi ada kekurangan.

Semoga Bermanfaat
Fika's Recipes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tongkol Granat

Assalammualaikum... Masakan apa yang akhir-akhir ini kalian paling suka? Kali ini saya merekomendasikan salah satu hasil masakan saya, yang menurut saya enak banget. Pertama kali saya masak ini, penghuni rumah langsung bilang enak dan suka banget dengan masakan ini. Dan sekarang, ini salah satu masakan yang paling saya suka.  Kali ini bahan dasarnya itu ikan tongkol. Secara ga sengaja waktu itu saya ngeliat youtube neng Elli yang lagi recook masakan ini. Jadi, sebenernya ini masakan yang diadaptasi dari jualannya Sarwendah (artis yang istrinya Ruben Onsu itu lho) yang kemudian di coba bikin sama neng Elli. Dan ternyata emang enak lho.. hihihi Langsung liat resepnya yuk... ----------------------------------------- TONGKOL GRANAT ------------------------------------------ Resep diadaptasi dari Youtube Neng Elli, dan disesuaikan dengan bahan yang ada didapur. Bahan : 1/2 ikan tongkol pindang, disuwir-suwir 4 buah sereh ukuran kecil, diiris. 7 buah ba

Dadar gulung coklat

Assalammualaikum.. Berhubung Fika sama adeknya Fika lagi kangen sama cemilan yang satu ini, dulu sering banget di buatin sama ART (Asisten Rumah Tangga). Cemilan yang Fika sama adeknya Fika suka. Gak sengaja ngeliat postingan di IG ada yang bikin dadar gulung ini. Jadi pengen banget coba bikin. Dan akhirnya Fika bikin juga.  hihihi Sebenernya, di resep itu bikin yang vlanya cuma rasa vanila aja. Berhubung Fiksa sama adeknya Fika lebih suka rasa coklat, akhirnya bikin yang rasa coklat. Jadi, resep ini sedikit ada tambahan dari Fika sendiri. -------------------------------------------------------- DADAR GULUNG COKELAT -------------------------------------------------------- Resep dari : @mala_Oktavia Bahan: 125gr tepung serbaguna 35gr margarin cairkan 300ml susu cair 2btr telur 1/2sdt vanili 1/2sdt garam 1 sdt coklat bubuk Vla: 200ml susu cair 40gr maizena 1sdt vanila essense 50gr gula pasir 1 sdt coklat bubuk Cara membuat : Vla 1. 

Mantou goreng isi Tuna pedas

Assalammualaikum... Hari ini, saya udah niat banget ke pasar untuk beli beberapa kebutuhan untuk bikin mantou goreng with spicy tuna. Karena emang sebelumnya, mantou udah saya beli beberapa bulan yang lalu. Namun sampe kemaren masih belom saya jamah sama sekali. Gara-gara saya masih bingung mau dikasih isian apa, antara beef teriyaki apa tuna. Dan akhirnya, sebulan yang lalu saya memutuskan untuk bikin mantou goreng pake tuna aja. Karena harga tuna kaleng lebih murah dibanding harga daging, dan juga lebih praktis. Barulah  setelah saya menghilangkan rasa malas untuk membuatnya, saya baru bisa membuatnya hari ini. Untuk kalian mungkin ada beberapa orang yang tidak tau mantou itu apa. Mantou adalah roti kukus yang berasal dari China. Rasanya mirip banget dengan bakpao tapi tidak ada isi didalamnya. -------------------------------------------------------- MANTOU GORENG WITH SPICY TUNA -------------------------------------------------------- Resep